RUMAH TIDAK SEHAT

RUMAH TIDAK SEHAT tentu memiliki beberapa aspek lingkungan daerah sekitar yang sangat mempengaruhi. Rumah yang digunakan sebagai tempat beristirahat tentu seharusnya memberikan rasa nyaman kepada para penghuninya. Rumah yang tidak nyaman bisa menimbulkan rasa jenuh, tidak enak bahkan bisa mengganggu kesehatan. RUMAH TIDAK SEHAT terkadang juga penampakannya desainnya juga kurang sempurna. Memiliki rumah bukan hanya tentang bagaimana rumah itu dibangun berdiri, tetapi untuk beberapa aspek di dalamnya yang dimulai dari bentuk desain tiap ruang yang digunakan, pemilihan beberapa material pendukungnya juga salah satu aspek hunian rumah itu sehat tidaknya untuk para penghuninya. Rumah sehat juga harus memiliki beberapa aspek diantaranya pencahayaan yang bagus, yang siang haripun tidak perlu manggunakan lampu untuk penerangan, sirkulasi udara yang bagus serta alangkah baiknya juga ada penghijauan di daerah sekitar.

rumah tidak sehat
rumah tidak sehat

Beberapa aspek untuk hunian tidak sehat memiliki beberapa aspek dibawah ini :

1. Lingkungan tidak sehat.

Lingkungan sekitar rumah juga bisa membuat rumah tidak sehat. Seperti keberadaan pabrik atau pembuangan limbah di sekitar rumah bisa mempengaruhi tingkat kesehatan rumahmu. Pilihlah lokasi yang sehat dengan cukup penghijauan dan sistem sanitasi dan pengolahan limbah yang baik.

2. Ukuran terlalu sempit

Lahan yang sempit terkadang membuat ruang-ruang di rumah menjadi terlalu sempit. Padahal ruang yang terlalu sempit adalah salah satu alasan yang membuat rumah tidak sehat. Ukutan terlalu sempit membuat pergerakan menjadi terbatas dan sirkulasi udara serta cahaya menjadi kurang lancar.

Ukuran Rumah Tidak Sehatpinterest.com

Siasati masalah rumah tidak sehat ini dengan menggabungkan beberapa ruang yang memang bisa digabungkan, seperti ruang keluarga dan ruang makan ataupun ruang makan dan dapur untuk memilimalisir ruang-ruang terlalu sempit untuk menghindari rumahmu menjadi rumah tidak sehat.

3. Sirkulasi udara dan pencahayaan yang tidak baik

pencahayaan redup rumah tidak sehatpinterest.com

Rumah tidak sehat yang memiliki pencahayaan buruk seperti redup dan remang-remang membuat udara menjadi lembap. Virus, bakteri, serta parasit mudah berkembang di dalam rumah, akibatnya muncul bibit-bibit penyakit yang bisa membahayakan keluarganmu.

Sirkulasi udara yang buruk bisa memperparah kondisi tersebut. Selain membuat udara lembap, sirkulasi udara yang buruk dan nggak adanya ventilasi yang baik bisa membuat rumah bau dan juga memiliki temperatur buruk yang membuatmu tak nyaman.

Rumah Tidak Sehat Ventilasigoogle.com

Siasati faktor rumah tidak sehat satu ini dengan memaksimalkan bukaan ventilasi pada hunian sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan alami, jika masih tak cukup, gunakan teknologi tambahan seperti lampu yang baik serta kipas atau pendingin ruangan (AC) untuk mengatur sirkulasi udara.

4. Pola sanitasi dan elektrikal yang buruk

Rumah Tidak Sehat Pola Sanitasigoogle.com

Pengaturan jalur sanitasi seperti air bersih dan air kotor harus selalu tertata untuk menghindari air bersih tercemar ataupun air kotor menjadi sumber penyakit yang membuat rumah tidak sehat.

Pastikan sanitasi tertata baik dan lancar sehingga terhindar dari potensi air tercemar atau air kotor, supaya nggak jadi sumber bakteri yang berujung membuat rumah tidak sehat.

5. Pengelolaan sampah dan limbah yang tidak baik

Rumah Tidak Sehat Sampah

Pengolahan sampah dan limbah yang buruk pada hunian bisa menjadi tanda rumah tidak sehat. Pastikan hunian memiliki tempat pembuangan sampah baik dan tidak menganggu dan mencemari rumah ataupun lingkungan rumah.

Seperti poin sebelumnya, pastikan saluran sanitasi, khususnya limbah cair, lancar dan langsung terbuang langsung agar tidak mampet atau tertampung.

6. Penggunaan bahan bangunan yang tak sehat dan tak kuat

Rumah Tidak Sehat Material Bangunan

Ada banyak pilihan bahan bangunan, dan beberapa diantaranya mengandung racun yang membuat rumah tidak sehat. Selalu konsultasikan pemilihan bahan bangunan dengan pakar profesional, seperti ahli konstruksi dan arsitek profesional untuk menghindari bahan tak sehat dan kuat yang akan membuat rumah tidak sehat.

7. Memiliki ruang-ruang yang menjadi sarang hama

Rumah Tidak Sehat Hama

Keberadaan hama adalah tanda rumah tidak sehat selanjutnya. Selalu basmi hama di rumah seperti semut ataupun tikus. Jika kamu temukan ruang-ruang dimana hama-hama ini bisa bersarang seperti kolong lemari atau langit-langit rumah, segera perbaiki dan basmi rayap dan hama-hama lainnya yang bisa membahayakan kesehatan keluarga