TAMAN RUMAH-penghijauan di area kolam renang

TAMAN RUMAH hunian perumahan yang ekslusif biasanya selalu memberikan fasilitas kolam renang yang sebagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan penghuninya. Pembangunan kolam renang tentunya juga membutuhkan area yang luas sehingga wilayah sekitar kolam renang tersebut juga bisa dibangun sebuah TAMAN RUMAH yang berada di srea sekitaran kolam tersebut. Menghadirkan taman pada sebuah hunian merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi iklim tropis yang cenderung panas dan lembab, terutama saat siang hari. Sebab selain berperan sebagai pelengkap keindahan sebuah bangunan, taman juga menjadi elemen hijau yang mampu menjaga lingkungan di sekitarnya jadi lebih berkualitas.

Prinsip dasar inilah yang mendasari pengembangan laskap pada hunian yang berlokasi di wilayah Jakarta Utara. Desainer lanskap Ita Burhan dari Indra Tata Adilaras yang dipercaya mengerjakan desain lanskap menghadirkan penghijauan di tiap level area, mulai dari fasad, jalan menuju enterance hingga taman dalam yang berada di seputar area kolam renang dan paviliun.

 

Taman yang berada di sekitar kolam renang merupakan roof garden karena berada di atas dak dari garasi dan area servis. Namun posisinya yang sejajar dengan ruang-ruang komunal di sekelilingnya memungkinkan pemilik untuk menikmati taman

 

Beberapa pohon seperti ketapang kencana dan Kigelia ditempatkan di sekitar area taman. Sementara tanaman Podocarpus Lohansung mengisi bidang di sepanjang tepian dak yang “dihaluskan” dengan filler di bagian dasar dari beberapa jenis tanaman seperti Rhaphiolepis indica dan jeruk kingkit yang bunganya harum. Komposisi ini juga sebagai border dan pagar hijau untuk pengamanan karena berada di tepian bangunan. Komposisi hijau ini “dipermanis” dengan jalan setapak dan kerikil halus yang disusun rapi. Komposisi taman ini merupakan upaya yang tepat untuk bersahabat dengan alam sekaligus menyajikan pengalaman ruang yang nyaman dan berkualitas.